Sunday 12 April 2015

Profil SMP AL MADINA

I.   Latar Belakang
Berawal dari keadaan lingkungan sekitar SD Islam Unggulan “AL-MADINA”, yakni Sumber Daya Manusia (SDM) dan Respon Masyarakat yang mendukung, maka kami menyadari pentingya Pendidikan Islam Unggulan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama bagi generasi anak-anak usia SMP yang ingin menimba SAINS (Ilmu dan Teknologi) yang berlandaskan Budi Qur’ani  ditengah krisis moralitas dan intelektual pelajar. Maka yayasan AL-MADINA mendirikan SMP AL-MADINA untuk melahirkan generasi sholeh-sholekhah yang unggul ilmu dan budi pekerti, yang berhaluan ahlusunnah waljama’ah, berakhlak terpuji, dan berwawasan luas. Dan melalui sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama SMP ISLAM UNGGULAN AL-MADINA, kami bermaksud menjawab kebutuhan masyarakat sekitar guna menciptakan generasi yang berkepribadian islami dan berakhlakul karimah serta bermanfaat bagi masyarakat, Bangsa dan Negara.


A.  Visi
“Berfikir Lokal berwawasan global, ’Amali, ’Ilmi, Qur’ani”

B.  Misi
1.     Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan mengintegrasikan pendidikan umum dan pesantren.
2.    Melahirkan siswa yang mampu mengenali potensi diri dan mampu menghadapi tantangan.
3.    Mengembangkan dan membina potensi siswa dalam bidang bahasa.
4.    Menumbuhkan pribadi yang sopan dalam pergaulan dan santun dalam perilaku (berakhlakul karimah).
5.    Mempersiapkan siswa yang mampu melaksanakan ajaran agama Islam dengan pedoman ahlusunnah waljama’ah (Al-Qur’an dan Hadis).
C.  Tujuan Pendidikan
     SMP Islam Unggulan "Al-MADINA" Wonosobo memiliki tujuan “menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan sains dan keislaman yang komprehensif”.
Disamping itu, SMP Al-Madina mempunyai tujuan yang lebih spesifik antara lain :
1.    Membentuk SDM yang berakhlak terpuji, qur’ani, berwawasan luas, mandiri dan berketerampilan.
2.  Memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa dalam mengembangkan kehidupannya (Life Skill).
3.    Memberikan Kepada siswa/siswi kemampuan penguasaan bahasa.
4.    Mempersiapkan siswa/siswi yang sehat dan kuat jasmani dan rohani.
5.    Membekali siswa/siswi dengan hafalan dan pemahaman Al Qur’an yang benar.
6.   Membekali siswa/siswi dengan pemahaman dasar hukum islam dari al-Qur’an dan Hadis melalui kemampuan membaca dan memahami kitab kuning (nahwu-Shorof).

II. Apa itu SMP AL-Madina?
Salah satu komponen penting pada lembaga pendidikan formal yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan isi pengajaran, mengarahkan proses mekanisme pendidikan, tolak-ukur keberhasilan dan kualitas hasil pendidikan, adalah kurikulum. Disamping itu, konsep dan model pembelajaran juga sangat berpengaruh terhadap mekanisme pendidikan agar tujuan awal dari sebuah lembaga pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.
3
SMP Al-Madina merupakan sekolah lanjutan pertama laboratorium FITK-UNSIQ yang mencoba memadukan dan menyatukan antara kurikulum diknas dengan kurikulum pesantren, dimana arah pengembangan kurikulum tersebut tertuang pada konsep dan model pembelajaran yang nantinya akan diselenggarakan dan diaplikasikan kepada siswa/siswinya.
Dunia pesantren pada umumnya tidak merumuskan dasar dan tujuan pesantren secara terinci dalam bentuk kurikulum, namum tujuan pendidikan pesantren ditentukan oleh kebijakan Kiai, sesuai dengan perkembangan pesantren tersebut. Berbeda dengan SMP Al-Madina yang memadukan kurikulum pendidikan formal dengan kurikulum pesantren yang berhaluan ahlusunnah waljamaah sehingga nantinya siswa/siswi SMP Al-Madina mampu menguasai materi diknas sekaligus materi kepesantrenan dengan maksimal, juga penguatan dari segi bahasa serta pemahaman dasar hukum ilmu agama yang diperoleh dari Al Qur’an dan Hadis serta kitab-kitab salafiyah dengan kemampuan membaca sekaligus memahami isinya yang berawal dari penguasaan ilmu nahwu shorof.     

A.  Lokasi
SMP Al-Madina Terletak di tengah kota Wonosobo yaitu dijalan Raya Kalibeber km. 01 Wonosobo.

B.  Model dan Strategi Pembelajaran
4
3
Pembiasaan yang baik perlu diterapkan pada anak, yaitu dengan membiasakan dan membentuk pola pikir tentang perlunya belajar sepanjang hari, pada konsep inilah letak perbedaan konsep dan model pendidikan di SMP Al-Madina dengan SMP yang lain ialah dengan penerapan konsep belajar 24 Jam (Full Day School), dimana siswa dituntut untuk dapat membiasakan membagi waktunya untuk menggali ilmu pengetahuan (Learning To Know), untuk melakukan ilmu yang sudah siswa dapatkan (Learning To Do), selanjutnya menerapakan dan mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari untuk kemanfaatan manusaia (Learning To Life Together) dan berproses untuk menjadi insan sholeh/sholehah (Learning To Be) yang diperoleh dari perpaduan antara sekolah dengan pesantren.
Beberapa strategi yang digunakan SMP Al-Madina dalam mengelola pendidikan dan sekaligus sebagai model pembelajaran.
1.  Lembaga pendidikan SMP dengan model dan konsep pembelajaran yang memadukan dan menyatukan antara kurikulum diknas dengan pesantren.
2.  Lembaga pendidikan SMP yang menerapakan konsep 24 jam belajar yang terintregrasi dengan baik antara program unggulan disekolah dan di pesantren.
3. Pesantren yang aman dan kondusif karena setiap asrama dibina dan dimonitoring oleh 2 Ustadz/Ustadzah yang hafal al-Qur’an, berakhlakul karimah, berwawasan luas, mahir berbahasa Asing serta berbudi yang luhur.
4.   Pesantren yang meminimalisir kontak antara santri dengan masyarakat sekitar sehingga santri akan lebih fokus untuk melaksanakan program pesantren.
5.    Menggunakan metode penguasaan ilmu nahwu shorof kilat dengan tentor yang ahli dalam bidang ilmu alat.
6.    Unggul dalam Bahasa, sains, akhlak dan hafalan Al-Qur’an.
7. Lembaga pendidikan dengan biaya relatif terjangkau dibanding dengan sekolah-sekolah lain yang sekelas.

C.  Keunggulan SMP Al-Madina
1.  Agama
1.     Kualitas penguasaan ilmu agama (fiqh Ubudiah)
2.    Hafal Al-Qur'an (Juz Amma dan surat-surat penting)
3.    Mengamalkan sunnah-sunnah Rosulullah SAW.
4.    Menguasai ilmu nahwu-shorof dengan cepat.
5.    Mampu membaca kitab kuning dan mengamalkan isi kandunganya.
6.    Moralitas terpuji.

2.  Sains
1.     Menguasai dan menaklukan materi UAN
2.    Nilai rata-rata siswa 80 pada setiap bidang
3.    Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa Inggris
4.    Teruji dan berani bersaing dalam berbagai bidang sains, agama dan IT

D.  Pendekatan Pengajaran
1.     Active Learning
2.    Multiple Intelegentia
3.    Contextual Teaching & Learning
4.    Problem Solving

E.  Pembelajaran Integratif yang menseimbangkan
1.     Antara kurikulum diknas dan pesantren
2.    Antara penguasaan sains dan agama
3.    Antara kualitas jasmani dan rohani
4.    Antara pribadi dan sosial
5.    Antara teori dan praktek
6.    Antara ketrampilan dan IT

F.  Standarisasi Kelulusan
1.    Memenuhi syarat di terima di sekolah unggulan
2.    Dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris
3.    Berakhlak terpuji dan rajin dalam ibadah
4.    Hafal Juz amma dan surat-surat penting dalam
Al Qur’an
5.    Menguasai dan memahami kitab salafi (fiqh, Tarikh, Akhlaq, Tauhid)
6.    Menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
7.    Menguasai ilmu nahwu shorof
8.    Menguasai ilmu komputer jaringan, desain dan programer

G.  Target Lulusan
1.     Menguasai kurikulum sekolah dengan pesantren
2.    Menguasai dunia entertainment (Multimedia pelajar)
3.    Life skill
4.    Manajemen Perpustakaan
5.    Dakwah islam remaja
6.    Sosial intelektual

H.  Sarana dan Prasarana Pendidikan
1.     Ruang KBM lengkap
2.    Laboratorium
·         Lab. Sains
·        Lab. Komputer
·         Lab. Bahasa
·         Lab. Pramuka
3.    Ruang Multimedia
4.    Ruang Kelas praktikum
5.    Asrama
6.    Aula
7.    Alat Peraga pendidikan
8.    Perpustakaan
9.    Sarana Bermain  dan Olah Raga
10. Sarana Organisasi Siswa
11.  Masjid
12. MCK

I.  Program life skill
1.     Pertanian
2.    Perikanan
3.    Peternakan
4.    IT
5.    Tata boga
6.    Bahasa

J.  Metode Pendidikan Yang Diterapkan Di SMP Al-Madina
1.     Pendidikan Keteladanan dan pembiasaan
2.   Bimbingan dan Nasehat
3.    Tafakur dan Ibroh atas peristiwa / kejadian
4.    Pendidikan dengan Memberikan Perhatian
5.    Pendidikan dengan Memberikan reward and punishment
6.    Memberikan Kisah dan cerita
7.    Motivasi dan berfikir positif
8.    Pemanfaatan waktu kosong / keterampilan

K.  Schedule Harian siswa/siswi SMP Al-Madina
1.  Kegiatan pagi hari (kurikulum pesantren)
Ø  03.00-03.30         : Pembiasaan sholat tahajud
Ø  03.30-04.00         : Tadarus Al-Qur’an
Ø  04.00-04.30         : Sholat shubuh berjamaah
Ø  04.30-05.30         : Sorogan  (Kitab kuning dan Bahasa)
Ø  05.30-06.30         : MCK dan persiapan sekolah
2.  Kegiatan siang hari (Kurikulum diknas)
Ø  07.00-09.00         : KBM sesi I
Ø  09.00-09.30         : Istirahat dan sholat dluha
Ø  09.30- 12.10         : KBM Sesi II
Ø  12.10 - 13.00        : Istirahat, sholat berjamaah
Ø  13.00 - 15.00        : KBM sesi III (Praktikum)
3.  Kegiatan sore hari (kurikulum pesantren)
Ø  15.00-15.30          : Istirahat, sholat berjamaah
Ø 15.30-16.30          : ke-tahfidzan
Ø  16.30-17.00          : Fun With Language
Ø  17.00-18.00          : Istirahat, MCK
4.  Kegiatan malam malam hari (kurikulum pesantren)
Ø  18.00-18.30          : Sholat maghrib berjamaah
Ø  18.30-19.00          : Tadarus Al Qur’an
Ø  19.00-19.30          : Sholat Isya Berjamaah
Ø  19.30-20.30         : pembelajaran nahwu shorof, Bahasa dan kepesantrenan
Ø  20.30-21.30         : Murojaah
Ø  21.30 -22.00        : Muhasabatunnafsi dan tafakur
Ø  22.00-03.00         : Istirahat

L.  Variasi Kegiatan Siswa
1.     Out Bond, Life Skill
2.    Muhadhoroh/ Berpidato 3 Bahasa
3.    Bela Diri
4.    Mujahadah
5.    Kajian kitab-kitab salafiyah
6.    Halaqoh Tarbawiyah (bahsul masil)
7.    Olahraga
8.    Kepanduan, Nasyid
9.    Seni Baca Al-Qur,an
10. Bioskop Pendidikan (Multimedia Pelajar)
11. Daurah Islamiyah (Islamic Training)
12. Pendidikan Manajemen Kepemimpinan (leadership) baik Putra maupun Putri.
13. Pengembangan jurnalistik dan publisitas,
14. Pengembangan Theater dan Pentas Seni
15. Exhibition (Arab dan Inggris)

M. Kajian Unggulan Pesantren
1.     Kajian Kitab Kuning (Fiqh, Akhlak, Tarikh, Tauhid)
2.    Training, Life Skill & Motivasi
3.    Praktik ibadah dan sains
4.    Penguasaan bahasa
5.    Sosial training

N. Budaya Sukses Siswa-Siswi SMP Al-Madina
1.     Membiasakan Tepat Waktu
2.    Mencintai Kebersihan dan Kerapihan
3.    Memiliki Sopan dan Santun
4.    Menjaga Perasaan Orang Lain
5.    Mengutamakan Kerjasama
6.    Mendahulukan Orang Lain (itsar)
7.    Merespon dengan Cepat
8.    Saling Melayani dengan Tulus
9.    Menerima Masukan dan Kritikan
10.Memiliki Sikap Positif (Positif Thinking)
11.  Meminta Pendapat Guru / Musyrif
12. Mau Belajar dengan Orag Sukses
O. Kegiatan Ekstrakurikuler SMP Al-Madina
1.     Kepramukaan
2.    PMR
3.    Bela Diri
4.    Gambus
5.    Tilawah
6.    Kaligrafi
P.  Program-program pesantren dan SMP Al-Madina
1.  Program Harian
a. Pembinaan dan pembiasaan praktek ibadah     dan bahasa
b. Sorogan (kitab kuning dan bahasa)
c. Tadarus Al-Qur’an
d. ke-tahfidzan
e. Fun with language (mufrodat b. arab dan b. inggris)
f. PBM ilmu nahwu shorof, bahasa dan kepesantrenan
g. Muroja’ah
h. Muhasabah nafsi dan tafakkur (emotional training)
2.  Program Mingguan
a.  Tahtimul qur’an
b.  Hubbunnabi (barzanji, shimtudduror & Diba’i)
c. Muhadloroh (pidato)
d.  Bahsul masail (Pembahasan masalah/diskusi)
e.  Ro’an (kerja bakti)
f.  Mujahadah
g.  Nasyid/gambus
h.  Seni baca Al-Qur’an
i.   Exhibition (Arab dan Inggris)
3.  Program Bulanan dan Lapanan
a. Sowan ‘ulama
                b. Ziarah kubur
                c. Bioskop pendidikan (multimedia pelajar)
                d. Daurah Islamiyah (Islamic training)
                e. Pendidikan kepemimpinan dan kewirausahaan
                f. Pengembangan jurnalistik dan publisitas
                g. Pengembangan theater dan pentas seni
                h. Outbond
                i. JHQ
4.  Program Tahunan
a.PSB
b.  PHBI dan Khaul
c.Khataman Al-Qur’an dan Kitab kuning
d.  Pertukaran pelajar
e.  Mujahadah kubro
f.Dakwah islam remaja (sosial training)

 
III. PENUTUP
Keberhasilan penyelanggaraan pendidikan dalam mendirikan sebuah jenjang pendidikan perlu adanya dukungan baik yang bersifat non fisik maupun fisik juga pengaturan langkah-langkah yang terjadwal dengan baik. 
Mengetahui,

          Ketua                                                           Kepala Sekolah
      yayasan Al-Madina                                                SMP Al-Madina                  




Drs. H. Arifin Shiddiq, M.Pd.I        Drs. H. Abdul Majid, M.Pd.I                                                 

No comments:

Post a Comment