I.
Latar Belakang
Berawal
dari keadaan lingkungan sekitar SD Islam Unggulan “AL-MADINA”, yakni Sumber
Daya Manusia (SDM) dan Respon Masyarakat yang mendukung, maka kami menyadari
pentingya Pendidikan Islam Unggulan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama bagi generasi
anak-anak usia SMP yang ingin menimba SAINS (Ilmu dan Teknologi) yang
berlandaskan Budi Qur’ani ditengah krisis moralitas dan
intelektual pelajar. Maka yayasan AL-MADINA mendirikan SMP AL-MADINA untuk
melahirkan generasi sholeh-sholekhah yang unggul ilmu dan budi pekerti, yang berhaluan
ahlusunnah waljama’ah, berakhlak terpuji, dan berwawasan luas. Dan
melalui sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama SMP ISLAM UNGGULAN AL-MADINA,
kami bermaksud menjawab kebutuhan masyarakat sekitar guna menciptakan generasi
yang berkepribadian islami dan berakhlakul karimah serta bermanfaat bagi
masyarakat, Bangsa dan Negara.
A.
Visi
“Berfikir Lokal berwawasan global, ’Amali, ’Ilmi, Qur’ani”
B.
Misi
1.
Menyelenggarakan
pendidikan yang berkualitas dengan mengintegrasikan pendidikan umum dan
pesantren.
2. Melahirkan
siswa yang mampu mengenali potensi diri dan mampu menghadapi tantangan.
3. Mengembangkan dan membina potensi siswa dalam bidang bahasa.
4.
Menumbuhkan
pribadi yang sopan dalam pergaulan dan santun dalam perilaku (berakhlakul
karimah).
5.
Mempersiapkan siswa yang mampu melaksanakan ajaran agama
Islam dengan pedoman ahlusunnah waljama’ah (Al-Qur’an dan Hadis).
C. Tujuan Pendidikan
SMP Islam Unggulan "Al-MADINA"
Wonosobo memiliki tujuan “menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan sains dan
keislaman yang komprehensif”.
Disamping itu, SMP Al-Madina mempunyai tujuan yang
lebih spesifik antara lain :
1. Membentuk SDM yang berakhlak
terpuji, qur’ani, berwawasan luas, mandiri dan berketerampilan.
2. Memberikan bekal kemampuan dasar
kepada siswa dalam mengembangkan kehidupannya (Life Skill).
3. Memberikan Kepada siswa/siswi
kemampuan penguasaan bahasa.
4. Mempersiapkan siswa/siswi yang sehat
dan kuat jasmani dan rohani.
5. Membekali siswa/siswi dengan hafalan
dan pemahaman Al Qur’an yang benar.
6. Membekali siswa/siswi dengan
pemahaman dasar hukum islam dari al-Qur’an dan Hadis melalui kemampuan membaca
dan memahami kitab kuning (nahwu-Shorof).
II. Apa itu SMP AL-Madina?
Salah satu komponen penting pada lembaga pendidikan formal yang
digunakan sebagai acuan untuk menentukan isi pengajaran, mengarahkan proses
mekanisme pendidikan, tolak-ukur keberhasilan dan kualitas hasil pendidikan,
adalah kurikulum. Disamping itu, konsep dan model pembelajaran juga sangat
berpengaruh terhadap mekanisme pendidikan agar tujuan awal dari sebuah lembaga
pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.
3
|
Dunia pesantren pada umumnya tidak
merumuskan dasar dan tujuan pesantren secara terinci dalam bentuk kurikulum, namum
tujuan pendidikan pesantren ditentukan oleh kebijakan Kiai, sesuai dengan perkembangan
pesantren tersebut. Berbeda dengan SMP Al-Madina yang memadukan kurikulum pendidikan
formal dengan kurikulum pesantren yang berhaluan ahlusunnah waljamaah sehingga
nantinya siswa/siswi SMP Al-Madina mampu menguasai materi diknas sekaligus
materi kepesantrenan dengan maksimal, juga penguatan dari segi bahasa serta
pemahaman dasar hukum ilmu agama yang diperoleh dari Al Qur’an dan Hadis serta
kitab-kitab salafiyah dengan kemampuan membaca sekaligus memahami isinya yang
berawal dari penguasaan ilmu nahwu shorof.
A. Lokasi
SMP Al-Madina Terletak di tengah
kota Wonosobo yaitu dijalan Raya Kalibeber km. 01 Wonosobo.
B. Model dan Strategi Pembelajaran
4
|
3
|
Beberapa strategi yang digunakan SMP
Al-Madina dalam mengelola pendidikan dan sekaligus sebagai model pembelajaran.
1. Lembaga pendidikan SMP dengan model dan
konsep pembelajaran yang memadukan dan menyatukan antara kurikulum diknas
dengan pesantren.
2. Lembaga pendidikan SMP yang
menerapakan konsep 24 jam belajar yang terintregrasi dengan baik antara program
unggulan disekolah dan di pesantren.
3. Pesantren yang aman dan kondusif
karena setiap asrama dibina dan dimonitoring oleh 2 Ustadz/Ustadzah yang hafal
al-Qur’an, berakhlakul karimah, berwawasan luas, mahir berbahasa Asing serta
berbudi yang luhur.
4. Pesantren yang meminimalisir kontak antara
santri dengan masyarakat sekitar sehingga santri akan lebih fokus untuk
melaksanakan program pesantren.
5. Menggunakan metode penguasaan ilmu
nahwu shorof kilat dengan tentor yang ahli dalam bidang ilmu alat.
6. Unggul dalam Bahasa, sains, akhlak
dan hafalan Al-Qur’an.
7. Lembaga pendidikan dengan biaya relatif
terjangkau dibanding dengan sekolah-sekolah lain yang sekelas.
C. Keunggulan SMP Al-Madina
1. Agama
1. Kualitas penguasaan ilmu agama (fiqh
Ubudiah)
2. Hafal Al-Qur'an (Juz Amma dan surat-surat
penting)
3. Mengamalkan sunnah-sunnah Rosulullah
SAW.
4. Menguasai ilmu nahwu-shorof dengan
cepat.
5. Mampu membaca kitab kuning dan
mengamalkan isi kandunganya.
6. Moralitas terpuji.
2. Sains
1. Menguasai dan menaklukan materi UAN
2. Nilai rata-rata siswa 80 pada setiap
bidang
3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa
Arab dan Bahasa Inggris
4. Teruji dan berani bersaing dalam
berbagai bidang sains, agama dan IT
D. Pendekatan Pengajaran
1. Active Learning
2. Multiple Intelegentia
3. Contextual Teaching & Learning
4. Problem Solving
E. Pembelajaran Integratif yang menseimbangkan
1. Antara kurikulum diknas dan
pesantren
2. Antara penguasaan sains dan agama
3. Antara kualitas jasmani dan rohani
4. Antara pribadi dan sosial
5. Antara teori dan praktek
6. Antara ketrampilan dan IT
F. Standarisasi Kelulusan
1. Memenuhi syarat di terima di sekolah
unggulan
2. Dapat berkomunikasi dengan bahasa
Arab dan Inggris
3. Berakhlak terpuji dan rajin dalam
ibadah
4. Hafal Juz amma dan surat-surat
penting dalam
Al Qur’an
5. Menguasai dan memahami kitab salafi (fiqh,
Tarikh, Akhlaq, Tauhid)
6. Menguasai Bahasa Arab dan Bahasa
Inggris
7. Menguasai ilmu nahwu shorof
8. Menguasai ilmu komputer jaringan,
desain dan programer
G. Target Lulusan
1. Menguasai kurikulum sekolah dengan
pesantren
2. Menguasai dunia entertainment (Multimedia
pelajar)
3. Life skill
4. Manajemen Perpustakaan
5. Dakwah islam remaja
6. Sosial intelektual
H. Sarana dan Prasarana Pendidikan
1. Ruang KBM lengkap
2. Laboratorium
·
Lab. Sains
· Lab. Komputer
·
Lab.
Bahasa
·
Lab.
Pramuka
3. Ruang Multimedia
4. Ruang Kelas praktikum
5. Asrama
6. Aula
7. Alat Peraga pendidikan
8. Perpustakaan
9. Sarana Bermain dan Olah Raga
10. Sarana Organisasi Siswa
11. Masjid
12. MCK
I. Program life skill
1.
Pertanian
2.
Perikanan
3.
Peternakan
4.
IT
5.
Tata
boga
6.
Bahasa
J. Metode Pendidikan Yang Diterapkan Di
SMP Al-Madina
1. Pendidikan Keteladanan dan
pembiasaan
2. Bimbingan dan Nasehat
3. Tafakur dan Ibroh atas peristiwa /
kejadian
4. Pendidikan dengan Memberikan
Perhatian
5. Pendidikan dengan Memberikan reward
and punishment
6. Memberikan Kisah dan cerita
7. Motivasi dan berfikir positif
8. Pemanfaatan waktu kosong / keterampilan
K. Schedule Harian siswa/siswi SMP Al-Madina
1. Kegiatan pagi hari (kurikulum
pesantren)
Ø 03.00-03.30 : Pembiasaan sholat tahajud
Ø 03.30-04.00 : Tadarus Al-Qur’an
Ø 04.00-04.30 : Sholat shubuh berjamaah
Ø 04.30-05.30 : Sorogan (Kitab kuning dan Bahasa)
Ø 05.30-06.30 : MCK dan persiapan sekolah
2. Kegiatan siang hari (Kurikulum
diknas)
Ø 07.00-09.00 : KBM sesi I
Ø 09.00-09.30 : Istirahat dan sholat dluha
Ø 09.30- 12.10 : KBM Sesi II
Ø 12.10 - 13.00 : Istirahat, sholat berjamaah
Ø 13.00 - 15.00 : KBM sesi III (Praktikum)
3. Kegiatan sore hari (kurikulum
pesantren)
Ø 15.00-15.30 : Istirahat, sholat berjamaah
Ø 15.30-16.30 : ke-tahfidzan
Ø 16.30-17.00 : Fun With Language
Ø 17.00-18.00 : Istirahat, MCK
4. Kegiatan malam malam hari (kurikulum
pesantren)
Ø 18.00-18.30 : Sholat maghrib berjamaah
Ø 18.30-19.00 : Tadarus Al
Qur’an
Ø 19.00-19.30 : Sholat Isya Berjamaah
Ø 19.30-20.30 : pembelajaran nahwu shorof, Bahasa dan kepesantrenan
Ø 20.30-21.30 : Murojaah
Ø 21.30 -22.00 : Muhasabatunnafsi dan tafakur
Ø 22.00-03.00 : Istirahat
L. Variasi Kegiatan Siswa
1. Out Bond, Life Skill
2. Muhadhoroh/ Berpidato 3 Bahasa
3. Bela Diri
4. Mujahadah
5. Kajian kitab-kitab salafiyah
6. Halaqoh Tarbawiyah (bahsul masil)
7. Olahraga
8. Kepanduan, Nasyid
9. Seni Baca Al-Qur,an
10. Bioskop Pendidikan (Multimedia
Pelajar)
11. Daurah Islamiyah (Islamic Training)
12. Pendidikan Manajemen Kepemimpinan (leadership)
baik Putra maupun Putri.
13. Pengembangan jurnalistik dan publisitas,
14. Pengembangan Theater dan Pentas Seni
15. Exhibition (Arab dan Inggris)
M. Kajian Unggulan Pesantren
1. Kajian Kitab Kuning (Fiqh, Akhlak,
Tarikh, Tauhid)
2. Training, Life Skill & Motivasi
3. Praktik ibadah dan sains
4. Penguasaan bahasa
5. Sosial training
N. Budaya Sukses Siswa-Siswi SMP
Al-Madina
1. Membiasakan Tepat Waktu
2. Mencintai Kebersihan dan Kerapihan
3. Memiliki Sopan dan Santun
4. Menjaga Perasaan Orang Lain
5. Mengutamakan Kerjasama
6. Mendahulukan Orang Lain (itsar)
7. Merespon dengan Cepat
8. Saling Melayani dengan Tulus
9. Menerima Masukan dan Kritikan
10.Memiliki Sikap Positif (Positif
Thinking)
11. Meminta Pendapat Guru / Musyrif
12. Mau Belajar dengan Orag Sukses
O. Kegiatan Ekstrakurikuler SMP
Al-Madina
1. Kepramukaan
2. PMR
3. Bela Diri
4. Gambus
5. Tilawah
6. Kaligrafi
P. Program-program pesantren dan SMP
Al-Madina
1. Program Harian
a. Pembinaan dan pembiasaan praktek
ibadah dan bahasa
b. Sorogan (kitab kuning dan bahasa)
c. Tadarus Al-Qur’an
d. ke-tahfidzan
e. Fun with language (mufrodat b.
arab dan b. inggris)
f. PBM ilmu nahwu shorof, bahasa dan
kepesantrenan
g. Muroja’ah
h. Muhasabah nafsi dan tafakkur
(emotional training)
2. Program Mingguan
a. Tahtimul qur’an
b. Hubbunnabi (barzanji, shimtudduror
& Diba’i)
c. Muhadloroh (pidato)
d. Bahsul masail (Pembahasan masalah/diskusi)
e. Ro’an (kerja bakti)
f. Mujahadah
g. Nasyid/gambus
h. Seni baca Al-Qur’an
i. Exhibition (Arab dan Inggris)
3. Program Bulanan dan Lapanan
a.
Sowan ‘ulama
b. Ziarah kubur
c. Bioskop pendidikan (multimedia pelajar)
d. Daurah Islamiyah (Islamic training)
e. Pendidikan kepemimpinan dan kewirausahaan
f. Pengembangan jurnalistik dan publisitas
g. Pengembangan theater dan pentas seni
h. Outbond
i. JHQ
4. Program Tahunan
a.PSB
b. PHBI dan Khaul
c.Khataman Al-Qur’an dan Kitab kuning
d. Pertukaran pelajar
e. Mujahadah kubro
f.Dakwah islam remaja (sosial
training)
III.
PENUTUP
Keberhasilan
penyelanggaraan pendidikan dalam mendirikan sebuah jenjang pendidikan perlu
adanya dukungan baik yang bersifat non fisik maupun fisik juga pengaturan
langkah-langkah yang terjadwal dengan baik.
Mengetahui,
Ketua Kepala Sekolah
yayasan
Al-Madina SMP Al-Madina
No comments:
Post a Comment