Wednesday 19 December 2012

Keluarga Sebagai Objek Pendidikan

Anak merupakan harta yang tiada terkira yang merupakan suatu anugerah yang luar biasa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Tentunya dalam hal ini peran orang tua sangat penting dalam mendidika anak hingga dewasa nanti, agar dalam mengemban amanah dari Allah dapat tercapai dengan baik. Disinilah peran penting orang tua dan keluarga dalam mendidik anak sebagai generasi yang berakhlakul karimah 
     A. Keluarga Sebagai Objek Pendidikan
Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama, karena dalam keluarga inilah anak pertama mendapat didikan dan bimbingan. Dalam menjalankan tugas mendidik, orang tua membimbing anak. Karena anak yang belum sempurna perkembanganya, disitulah peran keluarga dalam menjalankan tugasnya. Situasi pendidikan terwujud berkat adanya pergaulan dan hubungan pengaruh mempengaruhi secara timbal balik antara orang tua dan anak. Sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari kedua orang tuanya dan dari anggota keluarga yang lain. Sejak lahir anak sering bbunya daripaderada disamping ibunya dari pada ayahnya, oleh karena itu ia lebihdekat dan cinta kepada ibunya. Keluarga juga merupakan tempat belajr bagi anak dalam segala sikap untuk berbakti kepada Tuhan sebagai perwujudan nilai hidup yang tinggi.[1]
Dalam Firman Allah dijelaskan dalam Surat At-Tahrim : 6, yakni :

“ Wahai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”
            Sudah diperintahkan bahwa memang tugas orangtua dalam mendidik anak adalah suatu kewajiban. Jangan sampai kita ataupun keluarga kita terperosot dalam panasnya api Neraka. Dikisahkan dalam sebuah cerita ada seorang anak yang masuk dalam Surga, tetapi ayahnya berada dalam Neraka. Ayahnya meminta tolong kepada anak tersebut. Anaknya pun melapor kepada Allah, bahwa ayahnyalah yang telah menjadikan dia masuk dalam Surga. Akhirnya ayahnya pun diangkat ke dalam Surga. Itulah salah satu manfaat kewajiban orangtua dalam mendidik anaknya.

Dasar tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak :
1.      Adanya motivasi atau dorongan cinta kasih yang menjiwai hubungan orangtua dan anak.
2.      Pemberian motivasi kewajiban moral sebagai konsekuensi nilai-nilai spiritual.
3.      Tanggungjawab sosial adalah sebagian dari keluarga yang pada giliranya akan menjadi tanggungjawab masyarakat, bangsa dan negara.
4.      Memelihara dan membesarkan anaknya.
5.      Memberikan pendidikan dengan berbagai ilmu ketrampilan, sebagai modal anak untuk dimasa mendatang.
Fungsi dari pendidikan keluarga :
1.      Sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak.
2.      Menjamin kehidupan emosional anak.
3.      Menanamkan dasar pendidikan moral.
4.      Memberikan dasar pendidikan sosial.
5.      Meletakan dasar-dasar pendidikan agama bagi anak-anak.
      B. Karib Kerabat Sebagai Salah Satu Objek Pendidikan
Dalam Al-Quran surat Asy-Syuro : 214, yakni :

“ Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu(Muhammad) yang terdekat.”
Disini diterangkan bahwa kita juga diperintah untuk mengingatkan kerabat kita yang terdekat, juga yang terjauh. Jangan sampai kerabat kita terpelosok dalam api Neraka.
     C.     Kelompok Orang Sebagai Objek Pendidikan
Dalam kehidupan yang modernisasi ini organisasi lah yang berperan cukup besar. Peran organisasi ini utamanya adalah dalam upaya pengembangan sosialisasi kehidupan pemuda. Melalui organisasi pemuda berkembanglah semacam kesadaran sosial, kecakapan-kecakapan di dalam pergaulan dengan sesama kawan dan sikap yang tepat dalam membina hubungan dengan sesama manusia. Sebagai lembaga pendidikan yang bersifat non-formal, organisasi mempunyai corak ragam yang bermacam-macam, tetapi secar garis besar dapat dibedakan antara organisasi pemuda yang diusahakan oleh pemerintahan dan organisasi pemuda yang diusahakan oleh badan swasta.


Dalam Al-Quran surat At-Taubah 122 :

“ Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan diantara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.” 
    D.    Tujuan objek pendidikan
 Dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 17 :

“ Sesungguhhnya bertobat kepada Allah itu hanya (pantas) bagi mereka yang melakukan kejahatan karena tidak mengerti, kemudian segera bertobat. Tobat mereka itulah yang diteri Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.”

Itulah sebagian kecil dari paparan diatas tentang betapa pentingnya mendidik anak dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Semoga kita mendapat investasi pahala yang baik dari anak-anak kita kelak nanti.


[1] Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2001

No comments:

Post a Comment